Saturday, April 27, 2024
Berita Utama

Jadi Ujung Tombak Bangun Masyarakat Religius, Bamusi Kabupaten Malang Dilantik

372views

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah melantik Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang periode 2020 – 2025, Rabu (7/4/2021).

Pelantikan organiasi sayap PDI Perjuangan di kantor DPC Kabupaten Malang, ini dihadiri Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, serta Bupati Malang HM Sanusi sebagai Ketua Dewan Pembina Bamusi Kabupaten Malang.

Hadir juga Wakil Bupati Malang sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, jajaran struktural DPC, dan perwakilan organisasi masyarakat.

Didik Gatot Subroto mengungkapkan, Bamusi sebagai organisasi sayap di bawah naungan partai, untuk mewadahi tokoh-tokoh masyarakat yang beragama Islam.

“Kepengurusan Bamusi terdiri dari tokoh-tokoh agama yang ada di Kabupaten Malang. Sudah menjadi tugas kami untuk memperkokoh dan memperbesar PDI Perjuangan di Kabupaten Malang, salah satunya dengan membesarkan Bamusi sebagai sayap partai,” ungkap Didik.

Dengan dilantiknya kepengurusan Bamusi ini, lanjut Didik dapat memperkokoh PDI Perjuangan sebagai partai yang terbuka dan mewadahi seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Harapan besar kami tergabungnya tokoh agama, dapat mempersatukan nilai-nilai religius dan nasionalis untuk kemajuan bangsa Indonesia terkhusus Kabupaten Malang,” jelasnya.

Sedang Sri Untari Bisowarno menegaskan, Bamusi merupakan sayap partai yang menjadi garda terdepan bagi PDI Perjuangan dalam bidang religiusitas.

“Sebagai sayap partai, Bamusi harus menjadi ruang pertemuan bagi para kader PDI Perjuangan yang beragama Islam dalam memikirkan, merumuskan, dan memperjuangkan nilai-nilai moderasi dalam beragama,” tegas Untari.

Tidak hanya itu, dengan dilantiknya pengurus Bamusi ini diharapkan dapat semakin mengembangkan dan membesarkan PDI Perjuangan.

“Menjadikan Bamusi sebagai ujung tombak PDI Perjuangan dalam membangun masyarakat religius di Kabupaten Malang,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus pendiri dan Dewan Penasihat Pusat Bamusi Ahmad Basarah mengungkapkan rasa syukur serta apresiasi sebesar-besarnya atas dilantiknya Pengurus Cabang Bamusi Kabupaten Malang.

“Bamusi terinspirasi dan diinisiasi oleh almarhum Bapak Taufiq Kiemas. Beliau memikirkan untuk kemudian membentuk wadah dakwah kepada umat Islam di PDI Perjuangan,” terang Basarah.

Politisi yang menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI tersebut juga menekankan Bamusi hadir untuk melanjutkan perjuangan dakwah Bung Karno.

“Keislaman Bung Karno tidak bisa diragukan. Ia mengikuti tabligh-tabligh akbar pada masa muda dan saat dibuang oleh Belanda ke pengasingan. Pada tahun 1954 Bung Karno juga mendapatkan gelar Waliyyul Amri Ad-Dharuri bi As-Syaukah dari Nahdatul Ulama (NU),” ucapnya.

Ahmad Basarah juga menekankan keteladanan Bung Karno dalam menjalankan ajaran Islam sudah sepatutnya dilanjutkan oleh Kader-Kader PDI Perjuangan sebagai penerus ajaran Bung Karno.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 20 orang pengurus Bamusi PDI Perjuangan Kabupaten Malang dilantik. Dengan susunan kepengurusan H.M. Sanusi sebagai Ketua Dewan Pembina Bamusi dan Drs. H. Abdurahman sebagai Ketua Bamusi Kabupaten Malang. (hib)

Dikutip dari media DPD PDI Perjuangan Jawa Timur

Leave a Response