Friday, May 10, 2024
Berita UtamaKabar

DPD PDI Perjuangan Bali Gelar Lomba Bernuansa Kearifan Lokal

291views

BALI, KORANKINI.COM – DPD PDI Perjuangan Bali menggelar lomba yang mengedepankan kearifan lokal Bali untuk menjaga warisan kebudayaan, adat, dan tradisi. Lomba tersebut rangkaian acara HUT ke-48 PDI Perjuangan yang bertema Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan.

Lomba Desain Kreasi Busana Adat Ke Kantor Pakem Bali dan Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali. Kedua lomba tersebut sangat sejalan dengan tema “Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan sekaligus sebagai upaya memantapkan implementasi program Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Hal ini disampaikan Ketua Koordinator Lomba Desain Kreasi Busana Adat ke Kantor Pakem Bali, Ni Wayan Sari Galung, S.Sos saat menggelar jumpa pers dengan awak media di Kantor DPD PDIP Bali, Senin (3/5/2021).

Sari Galung mengungkapkan, lomba ini sebagai tanggung jawab seluruh simpatisan, anggota, dan kader partai dalam mengimplementasikan peraturan gubernur (Pergub) Bali No. 79 tahun 2018 terkait penggunaan busana adat Bali sesuai etika dan estetika budaya Bali dan karakter bangsa, dan Surat Edaran Gubernur Bali No. 04 tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Ikat atau Endek Bali.

“Payung hukum ini sebagai upaya nyata pemerintah dalam melestarikan busana adat Bali dan kain tenun tradisional Bali yang kini telah mengalami degradasi,” ujarnya didampingi Koordinator Umum Lomba serangkaian HUT Ke-48 PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya, bersama para koordinator lomba lainnya.

Sari Galung menjelaskan bahwa ajang lomba ini merupakan implementasi tanggungjawab seluruh simpatisan, anggota dan kader Partai PDI Perjuangan terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan nusantara terutama budaya Bali.

Menurutnya, lomba ini juga memberikan kesempatan berkreasi kepada generasi muda untuk menuangkan bakatnya walau dalam situasi pandemi dan dalam upaya meningkatkan kreativitas anak-anak sekolah dan mahasiswa sekaligus melestarikan keragaman kebudayaan bangsa terutama busana adat pakem Bali secara berkelanjutan.

“Sejalan dengan program pemerintah dalam membangun karakter bangsa yang Berkepribadian dalam Kebudayaan. Ajang lomba ini melibatkan sekitar 136 peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa se-Bali yang mendaftar melalui 9 DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Selanjutnya pemenang dalam lomba ini nantinya harus mengimplementasika desain kreasinya dalam bentuk busana siap pakai dan rencananya akan diperagakan pada puncak peringatan bulan Bung Karno, Juni 2021 mendatang.

Sementara itu, Koordinator Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali, Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastra Suyasa, SE. MM mengatakan Lomba cerdas cermat pertama kali dilaksanakan di Bali dan merupakan implementasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

“Melalui penerbitan Perda Bali Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali; Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali; serta Perda Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali,” katanya.

Lomba ini bertujuan meningkatkan literasi generasi muda Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegritas: bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali yang terkandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.

“Lomba cerdas cermat Susastra Bali, ajang literasi dan moderasi generasi muda Bali di bidang bahasa, aksara, dan sastra Bali serta diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan,” jelas Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastra Suyasa, SE. MM.

Diah Werdhi menyampaikan, Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali tahun 2021 diikuti oleh siswa/siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di wilayah Provinsi Bali.

Lomba dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota. Juara I dari masing-masing Kabupaten/Kota akan menjadi duta Kabupaten/Kota dalam ajang Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat Provinsi. Lomba di tingkat Provinsi akan menghasilkan Juara I, Juara II, dan Juara III. (hib)

Dikutip dari media PDI PERJUANGAN

Leave a Response