Friday, April 26, 2024
Berita Utama

Puan Maharani: Partisipasi Perempuan Percepat Proses Pemulihan Pandemi Covid-19

174views

JAKARTA, Korankini.cim – Ketua DPR, Puan Maharani meyakini partisipasi perempuan akan mempercepat pemulihan dari pandemi Covid-19. Hal tersebut terbukti dari jumlah tenaga kesehatan (nakes) perempuan yang mencapai 70 persen.

Hal itu disampaikan Puan saat menghadiri Inter-Parliamentary Union (IPU) 14th Summit of Women Speakers of Parliament (14SWSP) yang diselenggarakan di Uzbekistan, Kamis (8/9/2022). Di forum yang bertemakan ‘Mengatasi Risiko Pemulihan Global Pasca-Pandemi’ itu, dia berbicara soal dunia yang kini tengah menghadapi banyak tantangan.

“Pandemi, perubahan iklim, krisis pangan dan energi serta dampak ketegangan geopolitik telah menghantam dunia tanpa pandang bulu,” ujar Puan. Dia juga menyinggung soal tambahan 75-95 juta orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 2022. Bahkan, sebanyak, 828 juta orang tidur dalam keadaan lapar setiap malam.

”Saat ini, kita tidak hanya perlu pulih, tetapi kita juga perlu membangun dunia yang tangguh, dunia yang lebih baik untuk semua orang,” tuturnya. “Partisipasi perempuan akan mempercepat proses pemulihan dan menciptakan dunia yang lebih setara,” ucapnya.

Puan juga meminta seluruh ketua parlemen perempuan dunia mendorong peningkatan kesempatan perempuan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan di setiap negara. “Perempuan harus memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai posisi puncak di parlemen, pemerintah, dan lembaga publik lainnya,” tutur Puan. Dia pun menggarisbawahi pentingnya perdamaian di setiap sektor kehidupan.

Puan menyatakan, perdamaian merupakan elemen penting dalam proses pemulihan pandemi Covid-19. “Tidak ada pembangunan tanpa perdamaian, dan tidak ada perdamaian tanpa pembangunan. Ketika ketegangan geopolitik meningkat, parlemen diharapkan menyebarkan ‘budaya damai dan toleransi’ melalui dialog dan diplomasi,” tutur Puan.

sumber; iNews

Leave a Response