Saturday, April 20, 2024
Kabar

Sekum Bamusi Apresiasi Kunjungan Puan ke Pesantren

205views

BEKASI- KoranKini – Sekretaris Umum (Sekum) Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Nasyirul Falah Amru (Gus Falah), mengapresiasi kunjungan Ketua DPR-RI Puan Maharani ke Pondok Pesantren (Ponpes) Mahasina Darul Qur’an wal Hadits di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Gus Falah mengungkapkan, Ponpes Mahasina Darul Qur’an wal Hadits memiliki peranan penting dalam membumikan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

“Pendidikan karakter dan kebangsaan di Pesantren ini sangat kuat, dan bisa ‘mencetak’ kader-kader santri yang meneruskan kepemimpinan bangsa,” ujar Gus Falah dalam siaran pers, Kamis (22/9/2022).

Gus Falah menyatakan, peran strategis Ponpes ini dalam membumikan nilai-nilai kebangsaan juga tampak dari kiprah dua pengasuhnya, yakni K.H. Abu Bakar Rahziz dan Nyai Hj. Badriyah Fayumi.

Gus Falah mengungkapkan, K.H. Abu Bakar Rahziz adalah tokoh ulama yang getol membumikan Islam Wasathiyah. Hal itu menjadikan sang kiai dipercaya sebagai Direktur Pendidikan Kader Ulama (PKU) oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi.

Selain itu, sambung Gus Falah, Nyai Hj Badriyah Fayumi juga dikenal sebagai tokoh feminis Islami yang memperjuangkan gagasan feminisme Islam di jalur kultural, pendidikan, maupun politik.

“Jadi, Kyai dan Nyai ini memang sudah ‘makanan sehari-harinya’ membumikan nilai-nilai Islam Wasathiyah atau Moderat. Sehingga sangat layak mendapat apresiasi mbak Puan selaku pimpinan lembaga tinggi negara,” ujar Ketua Tanfidziyah PBNU itu.

Seperti diketahui, Ketua DPR-RI Puan Maharani mengunjungi Ponpes Mahasina Darul Qur’an wal Hadits, Rabu (21/8/2022).

Puan pun memuji Ponpes yang memberikan fasilitas pendidikan untuk semua santri yang memiliki latar belakang beragam, tanpa diskriminasi.

“Lebih menggembirakan lagi, di Pesantren ini ada pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan,” ujar Puan. (*) sumber; lenteratoday

Leave a Response