Thursday, February 2, 2023
Kabar

Puan Maharani Minta Pemerintah Gencar Tangani Kasus Kegagalan Ginjal pada Anak

216views

Jakarta – Korankini.com- Pemerintah diminta menggencarkan edukasi kepada masyarakat soal fenomena kasus gagal ginjal akut misterius yang ditemukan pada anak. Hal tersebut disampaikan oleh  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

Mbak Puan – sapaan akrab Puan Maharani – menginstruksikan pemberhentian obat cair atau obat sirup kepada anak.

“Kasus gagal ginjal akut misterius kepada anak cukup mengkhawatirkan melihat tingginya angka kematian,” tutur Puan dikutip Kamis (20/10/2022).

Dikatakan Mbak Puan, pemerintah harus melakukan edukasi kepada masyarakat secara optimal terkait ini melalui berbagai strategi komunikasi maupun memanfaatkan platform media.

Sebagai informasi, ejauh ini telah ditemukan 206 anak kasus gagal ginjal akut di Tanah Air yang belum diketahui penyebabnya. Adapun sebanyak 99 anak di antaranya meninggal dunia.

Sedangkan, kasus 70 anak meninggal dunia akibat gagal ginjal juga ditemukam di Gambia, Afrika Barat. Hal tersebut dilaporkan terkait dengan konsumsi obat yang tercemar etilen glikol dan dietilen glikol lantaran melampaui batas wajar.

Kemungkinan serupa di Indonesia tengah didalami para ahli termasuk BPOM RI dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Karena itu, Kemenkes meminta agar penggunaan obat cair dihentikan sementara, khususnya pada anak. Kemenkes juga mengimbau agar penggunaan dan penjualan obat dalam bentuk cair atau sirup dihentikan untuk sementara waktu.

Termasuk di apotek, hingga riset terkait kasus gagal ginjal berhasil mengungkap fakta atau temuan baru.(ris)

sumber; kuasakata

Leave a Response