Friday, April 19, 2024
Berita Utama

Gus Falah : Prof Azyumardi Perkaya Khazanah Islam Indonesia

201views

Jakarta- Korankini.com-Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil X Jawa Timur, Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah mengungkapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

Gus Falah mengungkapkan kiprah dan pemikiran Azyumardi Azra sangat memperkaya khazanah Islam di Indonesia.

Azyumardi, menurut Politisi PDI Perjuangan itu, juga berjasa dalam membumikan moderasi Islam.

“Pemikiran beliau (Azyumardi) telah memperkuat Islam moderat baik di Indonesia maupun dunia. Beliau menekankan pentingnya komunikasi antar budaya diatas prinsip kesetaraan,” kata Gus Falah dalam siaran persnya, Senin (19/9/2022).

Gus Falah mengungkapkan, salah satu jasa Azyumardi bagi dunia Islam di Indonesia adalah perannya dalam transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Kiprahnya dibidang pendidikan, sosial dan budaya itu membuat Azyumardi dihargai tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia internasional.

Gus Falah mengungkapkan, Prof Azyumardi Azra pernah mendapatkan gelar kehormatan Commander of the Order of British Empire, sebuah title yang berasal dari Kerajaan Inggris.

Hal ini sangat menarik, karena dengan gelar itu Prof Azyumardi Azra menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar ‘Sir’ dari Kerajaan Inggris.

“Maka, dengan wafatnya beliau, bukan bangsa Indonesia saja yang merasa kehilangan, tapi juga dunia,” ujar Ketua Tanfidziyah PBNU itu.

Seperti diketahui, Cendekiawan Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia pada 12.30 waktu setempat, Minggu (18/9). Penikir Islam Kebangsaan itu mengalami serangan jantung dalam perjalanan dari Indonesia. (HD)

Leave a Response